Turis ASEAN jadi pasar potensial pariwisata DIY

wisatawan asing dan berasal daripada sederat negara pada wilayah asean merupakan pasar potensial dan bisa digarap lebih serius oleh kaum pelaku pariwisata selama diy.

berdasarkan grafik kunjungan wisatawan asing ke diy, jumlah wisatawan dari negara-negara asean terlebih singapura, malaysia serta thailand selalu mengalami peningkatan dan menggembirakan, kata ketua association of the indonesia tours and travels (asita) yogyakarta edwin ismedi himna pada yogyakarta, jumat.

menurut dia, tingginya jumlah wisatawan asing dari asean yang berkunjung ke yogyakarta dipengaruhi oleh sederat aspek seperti jarak yang tak terlalu jauh dan transportasi yang semakin tidak susah.

upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing terutama dari asean ingin dilakukan dengan upaya beriklan, salah satunya yang paling dekat adalah jogja travel mart 2013 yang hendak digelar di 5--8 mei.

Informasi Lainnya:

edwin mengatakan, di kegiatan promosi pariwisata itu, paling tidak hendak dikuti oleh 130 buyers dari sejumlah negara semisal pelaku wisata pada malaysia, singapura, thailand, australia, korea, jepang, rusia juga india.

selain dikuti pelaku wisata dari luar negeri, model tersebut dan ingin dihadiri oleh sekitar 55 buyers domestik dan serta baru menjadi pasar potensial terhadap pelaku wisata dalam diy.

kami mau mengajak para pelaku wisata itu mengunjungi sederat website lokasi wisata yang ada pada yogyakarta juga sekitarnya untuk lebih mengenalkan tujuan-tujuan wisata tersebut terhadap wisatawan asing, ujarnya.

sejumlah objek wisata wisata dan mau dinikmati selama antaranya lava tour merapi membeli jeep, juga sejumlah wisata budaya yang telah merupakan ikon yogyakarta semisal malioboro, keraton yogyakarta juga juga candi borobudur.

berdasarkan data daripada dinas pariwisata diy dalam lalu, wisatawan dan berkunjung ke diy mencapai 2,4 juta pihak, juga 190.000 selama antaranya adalah wisatawan asing. angka wisatawan asing itu mengalami kenaikan 18 persen dibanding tahun sebelumnya.

wisatawan asing dan paling banyak berkunjung ke yogyakarta berasal daripada belanda, perancis, malaysia, singapura dan australia.

kami harapkan, dengan jogja travel mart ini, kunjungan wisatawan dari negara-negara asean dapat selalu meningkat. terlebih, mau banyak wisata minat khusus yang menantang, seperti arung jeram di sungai progo, panjat tebing di pantai siung, jelajah goa dan lainnya, kata kepala bidang pemasaran dinas pariwisata diy heri lencono.