Sengketa Venezuela paksa pemimpin kawasan bersidang darurat

beberapa presiden daripada kawasan amerika selatan akan menyelenggarakan pertemuan darurat dalam kamis selama lima membahas kemelut politik selama venezuela menyusul terpilihnya nicolas maduro dijadikan presiden, papar kementerian luar negeri peru di rabu.

pejabat tinggi pemerintah tidak menyampaikan kemungkinan pertemuan tersebut supaya menunjukkan dukungan kepada maduro, atau pemimpin kawasan akan menganggarkan seruan bersama untuk ketenangan pada venezuela, tempat unjuk rasa ditampilkan sejak kemenangan tipis dua persen maduro, lapor reuters.

maduro, penerus koleksi presiden (mendiang) hugo chavez, mau dilantik selama jumat.

pemerintah brazil, peru, ekuador, kolombia, bolivia dan argentina, antara lain, mengakui kemenangan maduro itu, namun washington belum.

Informasi Lainnya:

sementara itu, eropa bersatu menyampaikan cemas di peningkatan pengutuban masyarakat venezuela.

pertemuan itu digelar dalam bawah payung grup kawasan unasur pada lima selama kamis malam, kata pejabat tinggi pemerintah. peru memegang jabatan bergilir presiden kelompok tersebut. pemantau pemilihan umum unasur mengatakan kemenangan maduro sah.

presiden peru, uruguay, argentina, kolombia juga brazil akan menghadiri pertemuan itu dan pemimpin lain juga berperanserta, kata pejabat.

sebagian besar pemimpin, termasuk presiden dilma rousseff dari negara kelas berat brazil, kemudian akan ke venezuela agar upacara pelantikan itu.

hasil pemilihan presiden dalam minggu itu ditolak pesaingnya, henrique capriles, yang menduga ribuan penyimpangan terjadi di web pemungutan suara juga menginginkan penghitungan ulang penuh suara.

delapan orang tewas di unjukasa pimpina lawan itu. pemerintah menuduh capriles menghasut kekerasan, dan dibantahnya.

presiden kuba raul castro pada senin mengucapkan selamat terhadap maduro sesudah ia menang pada pemilihan presiden pada ahad, papar media kuba.

atas nama pemerintah dan rakyat kuba, aku mengucapkan selamat terhadap kamu atas kemenenangan itu, dan menjadi indikasi kekuatan gagasan dan perhatian komandan hugo chavez, papar pemimpin kuba tersebut pada selama pesannya kepada maduro.

venezuela merupakan mitra ekonomi serta politik pertama terhadap kuba. kedua pihak menandatangani beberapa kesepakatan keselaran pada banyak jenis, seperti, telekomunikasi, energi, juga nikel selama 14 tahun pemerintahan hugo chavez.

presiden rusia vladimir putin pada senin mengirimkan ucapan selamat pada putri didik mendiang hugo chavez tersebut, dengan mengatakan harapkan hubungan rusia-venezuela semakin diperkuat.

putin mengatakan yakin bahwa selama bawah maduro, venezuela ingin selalu menggalang kemitraan strategis dengan rusia juga menegaskan kesiapan moskow kepada pengembangan lebih lanjut pembicaraan mengembangkan dalam diantara kedua negara tersebut, tutur layanan pers kremlin.

kementerian luar negeri rusia mendesak berbagai kekuatan politik dalam venezuela menghormati hasil pemilihan presiden dan berusaha menggarap pendekatan seimbang dan bertanggung jawab.