Akademisi: kandidat tentukan partisipasi masyarakat dalam pemilu

para kandidat dan tambah besar pemilihan publik menentukan partisipasi masyarakat di pesta demokrasi tersebut, tutur dosen fakultas hukum universitas islam indonesia yogyakarta anang zubaidy.

oleh sebab itu partai politik (parpol) mesti menampilkan calon `yang laku dijual` pada hadapan warga, katanya dalam seminar menciptakan pemilu dan demokratis pada indonesia tahun 2014, di yogyakarta, sabtu.

pada posisi tersebut, menurut dia, peran parpol amat penting mengingat pintu pencalonan adalah anggota dpr atau presiden dan wakil presiden mesti melalui parpol.

berkaitan melalui keuntungan itu parpol harus mampu menghadirkan sosok dibuat wadah studi politik yang menarik kepada rakyat, bukan sekadar mesin mobilisasi massa, ujarnya.

Informasi Lainnya:

ia menyampaikan, parpol dan mesti memperkuat basis ideologinya, bukan semata bersifat pragmatis. ketika ini yang terjadi merupakan surplus jumlah parpol tetapi defisit dalam basis ideologi dan ditekuni.

jumlah parpol ada ternyata karakter Salah satu parpol dengan parpol lainnya tak jauh berbeda ataupun hampir seragam, kata kepala divisi kerja sama juga publikasi pusat studi hukum konstitusi (pshk) universitas islam indonesia (uii) itu.

menurut dia, parpol serta mesti mampu memastikan penduduk pemilih bahwa calonnya adalah sosok yang berintegritas, jujur, dan siap memegang teguh amanah.

kenyataan bahwa ada kader parpol ikut serta di kasus korupsi dan pelanggaran hukum hendak ikut memberi kontribusi pada meningkatnya kasus golput karena kepercayaan masyarakat turun, ujarnya.

ia mengatakan, sistem pemilu serta memberi pengaruh pada digunakan serta tidaknya hak ambil penduduk. sistem pemilu yang menutup ruang kreativitas masyarakat untuk berpartisipasi berpenagruh selama digunakan atau tidaknya hak lihat.

contohnya, kalau parpol tidak mampu menghadirkan kandidat pemimpin dan dapat memenuhi harapan masyarakat, maka pintu kepada calon independen mesti dibuka.

melalui calon independen dicari grup penduduk dan tidak terakomodasi kepentingannya di Satu parpol tertentu dapat terakomodasi dengan calon independen, ujarnya.