Assange yakin pada peluangnya di pemilu Australia

pendiri wikileaks, julian assange, yang bersembunyi selama kedutaan besar ekuador di london, di kamis malam, mengatakan yakin ingin peluangnya merebut kursi pada senat australia.

assange, yang berbicara dengan telepon di penayangan perdana di amerika serikat film underground, film australia mengenai hari-hari awalnya meretas, mengutip jajak pendapat, yang memberinya suara 27 persen menjelang pemilihan publik di 14 september.

para pimpinan petaruh yang menjalankan taruhan di pemilihan publik mengatakan peluang saya lebih besar dari pemerintah australia, papar assange kepada penonton dalam pembukaan filmfest tahunan pada washington.

itu menunjukkan, bahwa pemerintah australia tampaknya amat buruk saat ini, papar assange, mengacu pada permasalahan politik perdana menteri julia gillard serta partai buruh-nya.

Informasi Lainnya:

wikileaks, situs aktivis whistleblowing yang didirikan dengan assange, berencana supaya mencalonkan kandidat-kandidat pemilihan publik saat assange berjuang melawan ekstradisi dari inggris ke swedia, info bagian berwenang mau memeriksanya tenntang tuduhan melakukan kejahatan seksual.

ini merupakan langkah supaya baik memperhatikan selama hal-hal yang kita pedulikan, kata assange tentang rencana pemilihan publik.

assange sudah tinggal di kedutaan besar ekuador dari juni kemarin sebab inggris menolak supaya mengizinkannya menggarap perjalanan yang alami ke negara berhaluan kiri dalam amerika latin tersebut. aktivis tersebut sudah menyuarakan kekhawatiran bahwa amerika serikat hendak mengadili dia.

wikileaks mencari marah pejabat amerika serikat dengan pembocoran besar-besaran korespondensi diplomatik yang sensitif serta materi pada irak juga afghanistan.

laman tersebut pekan ini meluncurkan 1,7 juta arsip daripada dokumen departemen luar negeri kurun waktu 1973-1976, demikian laporan afp.