Ekonom: RON 90 efektif hemat subsidi BBM

pengadaan bahan bakar minyak dengan research octane number 90 dibuat pengganti premium, lebih efektif untuk menghemat subsidi bahan bakar minyak, kata pengamat ekonomi dari universitas gadjah mada rimawan pradiptyo.

pengadaan bbm dengan research octane number (ron) 90 bisa adalah pilihan dan efektif untuk menghemat sampai 50 persen subsidi bbm, selain dan menyajikan nilai yang lebih baik, ujarnya di yogyakarta, rabu.

rimawan menyampaikan sekalipun melalui pengadaan bbm berkualitas pada atas premium (ron 88), dan dalam bawah pertamax (ron 92), juga mengakibatkan harga hendak naik hingga merupakan rp7.000.

namun, berdasarkan dia, ini lebih efektif menghemat, daripada dilaksanakan filter serta pembedaan harga.

Informasi Lainnya:

    dengan pengadaan ron 90 pemerintah dapat menghemat hingga sekitar rp150 triliun, tetapi kalau diselenggarakan kenaikan melalui pola membedakan konsumennya, hanya menghemat rp21 triliun, sebab dan membutuhkan biaya supervisi pengawasan, katanya.

    menurut dia, langkah awal tersebut lebih efektif dibanding pemerintah harus menaikkan harga supaya mobil atau kendaraan pribadi saja, yang pada akhirnya malahan mampu mengakibatkan konflik horisontal dalam tingkat spbu.

    ada rencana agar menaikkan tarif bbm agar kendaraan pribadi sekitar 30 persen, sedangkan motor juga kendaraan umum tetap rp4.500 per liter, tersebut artinya pemerintah melakukan price discrimination, yang malahan berpotensi konflik pada tingkat spbu, katanya.