Maskapai penerbangan diminta waspadai awan cumulonimbus

badan meteorologi, klimatologi dan geofisika pangkalpinang menyewa maskapai penerbangan mewaspadai pertumbuhan awan cumulonimbus. awan ini berpotensi badai hingga menjadi sarang petir serta halilintar, serta es.

waspadai cumulonimbus berskala setempat dan mengandung listrik tegangan ekstrim tinggi serta apabila pesawat tetap menembus awan ini dapat mendorong goncangan mesin dan mengganggu sistem komunikasi, tutur petugas kantor bmkg pangkalpinang, akhmad fadholi, dalam pangkalpinang, sabtu.

pengamatan kantor bmkg setempat, mei 2013 puncak musim hujan dipicu kepesatan pertumbuhan awan cumulonimbus yang membawa angin kencang juga petir, makanya para pilot pesawat supaya mewaspadai awan ini agar mencegah kecelakaan penerbangan.

secara umum, katanya, kondisi cuaca dalam provinsi tersebut belum mempengaruhi aktivitas penerbangan namun harus diwaspadai awan rendah yang beresiko menghalangi penglihatan.

Informasi Lainnya:

awan rendah bisa menghalangi jarak pandang serta penglihatan makanya menyulitkan pilot untuk mendarat, ini berbahaya terhadap keselamatan penumpang, ujarnya.

ada beberapa resiko daripada pertumbuhan awan cumulonimbus ini, selama antaranya potensi udara vakum dan dapat membeli pesawat terbang kehilangan ketinggian serta turbulensi ke segala arah yang membahayakan struktur pesawat terbang itu.

cumulonimbus biasa terdapat pada lingkar tropis, tumbuh selama sekejap mata akibat dinamika iklim serta cuaca setempat. dia mampu tumbuh menyerap sinar matahari makanya gelap total dalam ketinggian 3.000 meter dari permukaan laut sampai puluhan ribu meter daripada permukaan laut dalam luasan dan luar biasa.